Breaking News

Tuesday, January 31, 2017

TIPS MEMPERCANTIK RUMAH DENGAN TANAMAN SUJI REJEKI

Tanaman Suji Cantik
            Suji atau suji rejeki merupakan jenis tanaman liar yang banyak ditemui di berbagai tempat. Tumbuhan ini bisa dikatakan mempunyai pertumbuhan yang cepat serta dapat bertahan hidup di berbagai jenis tanah. Terkadang karena sifatnya ini kita temui di halaman rumah seperti semak-semak yang tidak terurus sampai mengganggu keindahan pekarangan rumah.
            Namun tahukah anda jika tanaman suji dapat tumbuh tanpa memerlukan media tanah sedikitpun. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan sedikit keahlian serta kreatifitas untuk menjadikan tanaman suji sebagai tanaman penghias sudut ruangan.
            Ternyata dengan hanya disimpan pada wadah yang berisi air jernih tanaman ini dapat bertahan hidup. Dengan kata lain tanaman suji bisa kita jadikan tanaman akuatik yang cantik.             Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk mengubah tanaman suji kita jadikan tanaman akuatik:
  1. Tananaman suji yang hidup normal pada media tanah (usahakan pilih batang yang tergolong tua).
  2. Satu buah pisau tajam.
  3. Satu buah wadah atau botol bening berukuran sedang.
  4.  Air jernih dari PDAM atau air sumur.

Cara pembuatan:
1.      Pilihlah beberapa batang tanaman suji hijau segar dari rumpunnya yang berukuran sedang dan tergolong batang tua.
2.      Potong batang suji bagian atas sekitar 15-20 cm atau seukuran jengkalan tangan orang dewasa.
3.      Bersihkan batang suji yang telah dipotong menggunakan air bersih yang mengalir lalu tiriskan. Usahakan batang serta daunnya bersih dari kotoran dan debu yang menempel.
4.      Tuangkan air jernih ke wadah/botol kaca sekitar setengah penuh. Sebaiknya menggunakan wadah bening yang tembus pandang agar kita dapat mengontrol air dan melihat perkembangan akar tanaman suji.
5.      Masukan beberapa batang suji yang telah bersih ke wadah yang sudah terisi air. Usahakan daunnya berada diatas tidak terendam air karena hal ini akan menjadikan daun yang terendam akan cepat membusuk.
6.      Simpan wadah yang terisi tanaman suji di tempat yang teduh tanpa terkena sinar matahari langsung.
7.      Setelah dua sampai tiga minggu kemudian akar-akar akan tumbuh pada batang dan akan semakin banyak. Hal ini menandai bahwa suji akuatik yang kita buat berhasil.
            Tanaman ini tidak memerlukan banyak tempat serta mudah perawatannya, hal ini karena kita tidak perlu melakukan penyiraman ataupun penyiangan. Dengan metode ini pertumbuhan tanaman cenderung melambat atau bisa disebut tanaman kerdil. Kita hanya perlu menambah air jernih setiap beberapa bulan sekali kepada media wadah/botol yang digunakan.
            Keindahan daun yang berwarna hijau akan menyegarkan ruangan ataupun kamar yang kita tempati, kita juga dapat menambahkan kreatifitas seni pada wadah tanaman atau di sekelilingnya. Dengan tumbuhan hijau yang kita tempatkan disudut ruangan dapat menambah suasana lingkungan yang hijau dan asri.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. SUPERSUB