Breaking News

Monday, January 16, 2017

CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR

               Surat lamaran kerja merupakan hal yang penting bagi setiap orang yang berniat mengajukan diri untuk melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan tertentu. Hal ini karena surat lamaran kerja menunjukan gambaran awal bagi calon karyawan dalam mengenalkan diri kepada pihak HRD suatu perusahaan. ketelitian serta detail setiap kata yang tertulis dalam surat lamaran kerja menjadi pertimbangan HRD perusahaan dalam menilai si pelamar kerja.
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja agar terkesan baik serta formal, diantaranya:
  1. Sertakan tanggal penulisan surat lamaran pada bagian atas surat lamaran.
  2. Tulislah  nama orang atau nama departemen di perusahaan yang menerima surat lamaran tersebut (Contoh: Kepala Bagian HRD PT. X).
  3. jelaskan pada bagian isi maksud dan tujuan dengan jelas dan singkat maksud dari surat lamaran yang dibuat.
  4. Sebutkan posisi yang akan kita lamar dalam perusahaan.
  5. Gunakan bahasa baku yang formal sesuai EYD.
Berikut contoh surat lamaran kerja yang sesuaikaidah ejaan bahasa indonesia yang baik dan benar:


Bandung, 17 Januari 2017
Perihal: Lamaran Pekerjaan

KepadaYth:
Manager Human Capital PT Pertamina (Persero)
Di tempat

Dengan Hormat,
              Melalui surat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi di bagian Human Capital Development (HCD) yang dibutuhkan saat ini.
Saya yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                     : Asep Gorbacep
Tempat/Tanggal Lahir           : Bandung, 17 Agustus 1993
JenisKelamin                         : Laki-laki
PendidikanTerakhir               : S-1 Manajemen


Alamat                                    : Jln. Sumarna No. 12 RT/RW 001/001, Kel. Sukaraga, 
                                                  Kec. Bandung Wetan - Jawa Barat 4142.

            Berikut saya lampirkan berkas-berkas yang diperlukan untuk dipelajari oleh Bapak/Ibu sebagai bahan pertimbangan: 
  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Foto copy Ijasah S-1
  3. Foto copy Transkrip Nilai
  4. Foto Copy KartuTanda Penduduk
  5. Pas Foto
            
            Demikian surat lamaran ini saya buat  dengan sebenarnya dengan harapan saya untuk dapa tditerima. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima-kasih.


                                                                                                                                      Hormat Saya


                                                                                                                               Asep Gorbacep,  S.E.

 Demikian sekilas pembahasan mengenai tata cara pembuatan surat lamaran kerja formal yang baik dan benar.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. SUPERSUB