Breaking News

Saturday, January 21, 2017

HATI-HATI PENIPUAN REKRUTMEN MENGATASNAMAKAN PT. PETROKIMIA (GRESIK)

    Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah SMS yang mengatakan bahwa panitia rekrutmen perusahaan PT. Petrokimia (Gresik) telah mengirim sebuah email. Saya-pun kemudian mengecek email pribadi dan ternyata benar sebuah email masuk berisi sebuah file yang memuat sekitar 30 daftar nama pelamar yang lolos tahap seleksi administrasi. Ketika saya cek satu-persatu dari daftar tersebut ternyata ada nama saya tertulis disana. Saya kaget sekaligus senang karena harapan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan akhirnya menemukan sebuah titik terang.
      
       Ketika dibaca dengan teliti terdapat keterangan yang menyatakan bahwa bagi nama-nama yang lolos akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yang diadakan di dua kota yaitu Jakarta dan Surabaya. Uniknya disitu dicantumkan sebuah nama Ir. Budi Hartono dari perusahaan travel “Smailing Tour & Travel” serta nomor kontaknya.

       Saya coba hubungi nomor kontak yang mengaku Budi Hartono serta menanyakan perihal proses rekrutmen tersebut. Beliau mengatakan bahwa setiap peserta seleksi karyawan PT. Petrokimia (Gresik) akan dijemput dari kota asalnya masing-masing menuju kota jakarta. Namun sebelumnya saya dimintai sejumlah uang akomodasi perjalanan sebesar Rp. 2.750.000,- yang meliputi biaya travel, tiket pesawat serta biaya hotel tempat dimana saya akan menginap. Dikatakan seluruh biaya tersebut nantinya diganti oleh perusahaan. Selanjutnya saya diminta untuk mengirimkan data berupa nama lengkap, nomor identitas KTP dan kota asal. Kemudian saya disuruh melakukan transfer uang tersebut ke sebuah rekening Bank BRI paling lambat Pkl. 22.00 hari itu juga. Anehnya ketika saya tanyakan kembali berapa jumlah seluruh biaya yang harus dibayarkan jumlahnya jadi 2,5 juta.


      Disitu saya mulai curiga kenapa kata-katanya jadi berubah dan terkesan memaksa karena dia mengirimkan beberapa kali pesan padahal waktu itu sudah larut malam. Akhirnya saya putuskan tidak membalas pesan yang dikirimnya.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. SUPERSUB