Breaking News

Friday, January 13, 2017

Peranan Ilmu Dalam Beribadah

         Setiap agama di dunia ini memiliki aturan yang mengikat pengikutnya dalam menjalani berbagai aspek dalam kehidupan. Islam merupakan agama yang sempurna dalam mengurusi umatnya, mulai dari urusan pribadi, urusan antar sesama manusia dan urusan antara manusia dan tuhannya. Allah Swt menciptakan manusia di dunia ini tidak lain adalah untuk melakukan ibadah kepada-Nya. Sebagaimana dalam Al-Qur’an sebagaimana difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Adz-Dzariyat ayat 56 yang berbunyi: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.
          Sebagai seorang muslim kita diperintahkan menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dari mulai lahir hingga ajal menjemput. Karena menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim yang bermanfaat dalam menjalani kehidupan di dunia serta menggapai kehidupan akhirat kelak yang kekal.
          Terdapat beberapa bentuk ibadah ritual yang diperintahkan Allah Swt terhadap umatnya seperti shalat, puasa, ibadah haji dan lainnya.
           Dalam pelaksanaanya ibadah ritual memiliki syarat dan rukun tertentu yang wajib ditaati agar ibadah yang dilakukan dapat diterima serta bernilai pahala. Adapun sebaliknya apabila syarat serta rukun dalam pelaksanaan ibadah tidak sempurna maka sia-sialah ibadah yang dilakukan bahkan menjadi dosa yang ditanggung bagi pelakunya. Dalam hal ini diperlukan suatu instrumen yang dapat menjelaskan tata cara pelaksanaan ibadah yang baik dan benar. Disinilah peranan ilmu diperlukan terhadap setiap perintah serta mengharapkan supaya Allah menerima amalan yang dikerjakan dan merasa bimbang serta takut kalau-kalau amalan tidak sempurna dan tidak diterima oleh Allah seperti yang ditegaskan dalam firman-Ny: “(Yaitu) Orang yang takut kepada Tuhan yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat (Qaf: 33).
          Maka dengan ilmu yang benar kita terapkan dalam menjalankan kewajiban berupa ibadah kepada Allah Swt dengan berharap amal ibadah yang dilakukan tidak sia-sia dan mengantar kita menuju tempat terbaik di akhirat kelak yang Allah Janjikan.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. SUPERSUB